BAZNAS : Buah Pendampingan Usaha Menghasilkan Peningkatan Pendapatan

Redaktur 22 Feb 2021, 11:22:18 WIB Ekonomi
BAZNAS : Buah Pendampingan Usaha Menghasilkan Peningkatan Pendapatan

Garut (Bisnis Syariah) – Lembaga zakat nasional terus berupaya menahan dampak Covid-19 yang menerjang ratusan ribu pengusaha. Oleh sebab itu, pendampingan dan intervensi program terus dilakukan oleh BAZNAS untuk menjaga kelangsungan usaha terutama di masa pandemi ini.

Beberapa intervensi yang dilakukan yaitu pemasaran produk, modal usaha, dan peningkatan skill. Gagan selaku pendamping program menyampaikan bahwa usaha kulit ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian mustahik yang mandiri secara ekonomi dan kelembagaan.

Usaha yang dimulai sejak Oktober 2020 ini masing-masing mustahik yang mengelola telah merasakan peningkatan pendapatan rata-rata Rp695.875 dan Rp990.000 setiap bulannya. Inilah salah satu buah BAZNAS yang menyediakan pendampingan usaha sehingga menghasilkan peningkatan pendapatan.

Baca Lainnya :

Ke depannya usaha kerajinan kulit ini akan dikembangkan melalui pemasaran secara online, sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Agar terlihat lebih profesional dan memudahkan koordinasi BAZNAS juga mendorong pertumbuhan Koperasi Konsumen Peternak Mekar Jaya sebagai lembaga lokal berbadan hukum yang dikelola peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Garut. 

Koperasi ini memiliki beberapa unit usaha yaitu jual beli ternak domba, kompos, hasil integrasi pertanian, dan kerajinan produk kulit. Kerajinan produk kulit ini dikembangkan dari banyaknya potensi kulit domba yang selama ini dihasilkan oleh domba dan ternak lainnya di Kabupaten Garut. Usaha kerajinan kulit ini dikelola oleh 2 orang mustahik yaitu Fauzy (22) dan Ahmad Taufik (38). 

Adapun produk yang dihasilkan seperti jaket kulit, tas kulit, sabuk, dan aksesoris kulit lainnya. Produk telah dipasarkan kepada salah satu toko kulit di Desa Sukaregang, Kabupaten Garut. (trj/rls)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook