Berkat Kekompakan Warga, Tanah Bengkok Ini Disulap Jadi Objek Wisata Menarik

Mario Effendy 12 Nov 2020, 15:57:16 WIB Wisata
Berkat Kekompakan Warga, Tanah Bengkok Ini Disulap Jadi Objek Wisata Menarik

Jember, Bisnis Syariah - Kepala Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari, Jember, Jawa Timur, Purnanto mengatakan  berkat kelestarian alamnya yang mempesona, pemerintah desa menjadikan Puncak Badean sebagai tempat wisata yang menarik. Oleh sebab itu, pembangunannya dilakukan bersama warga secara kompak. Dikemas dalam badan usaha milik desa (BUMDes). 

”Jadi, lahan Puncak Badean ini merupakan tanah bengkok. Luasnya sekitar 16 hektare. Begitu lahan ini digarap, kami bersyukur sekarang hasilnya sudah tampak,” kata Purnanto. Awalnya, sambung dia, banyak orang yang tidak percaya wisata itu akan hidup. Apalagi, lokasinya jauh dari Kota Jember. Dibutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam untuk menempuh jarak 25 kilometer.

Namun, warga setempat bertekad kuat menyulap tanah bengkok tersebut. ”Biasanya tanah bengkok itu hanya disewakan per tahun. Namun, kami niat dikelola sendiri oleh BUMDes,” ujarnya lagi. Dan tak lama kemudian, objek wisata yang berlokasi di lereng Gunung Argopuro ini pun langsung digemari banyak orang. (jwps/net)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook