Dihadapan Jemaah Haji Muba, Kemenag Sosialisasikan 3 Program Layanan Jemaah Haji di Masa Pandemi

Mario Effendy 18 Nov 2020, 12:50:05 WIB Haji dan umrah
Dihadapan Jemaah Haji Muba, Kemenag Sosialisasikan 3 Program Layanan Jemaah Haji di Masa Pandemi

Musi Banyuasin (FKAPHI) – Selama masa pandemi, Kementerian Agama gencar meningkatkan sosialisasi informasi pembinaan jemaah haji melalui berbagai virtual aplikasi. Salah satunya melalui layanan aplikasi zoom, Kementerian Agama terus membuat klaster-klaster pembinaan secara online di berbagai daerah, dengan menghadirkan berbagai nara sumber dan jemaah haji setempat.

Menurut Direktur Bina Haji, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, H. Khoirizi H. Dasir di masa pandemi ini pemerintah ini sedang gencar meningkatkan tiga program yang bisa diikuti oleh jemaah haji. “Yang pertama menyediakan layanan manasik online. Lalu yang kedua, menguatkan bimbingan manasik sepanjang tahun. Dan yang ketiga, dakwah haji,” terangnya saat menjadi nara sumber dalam terangnya ketika menjadi nara sumber dalam kegiatan webinar Komunikasi Informasi Edukasi Virtual Advokasi Haji (KIE VAH) yang dihadiri peserta dari unsur jemaah haji, KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah), pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan ormas Islam di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, yang disiarkan secara langsung melalui facebook, Minggu, (01/11/2020). 

Lanjut dia, ketiga program itu bisa diikuti oleh siapa saja. Baik jemaah haji yang sudah memiliki nomor porsi haji maupun jemaah haji yang memiliki niat ingin berangkat haji ke Tanah Suci.

Baca Lainnya :

“Lalu ada yang bertanya, bagaimana bisa melakukan itu? Sedangkan, negara memiliki keterbatasan anggaran. Saya bilang bisa. Tanpa biaya kita bisa melaksanakan bimbingan manasik haji sepanjang tahun. Oleh sebab itu, masing-masing Kepala Kantor Urusan Agama setempat harus menjadi koordinator bimbingan manasik sepanjang tahun yang bisa dilakukan secara online. Libatkan pembimbing ibadah haji yang sudah bersertifikat, alumni petugas haji, tenaga kesehatan di Puskesmas. Jika ini bisa jalan, dalam satu koordinasi akan dahsyat kekuatannya,” pungkasnya lagi. (rio) 

 




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook