Dirjen Haji : Berapa Pun Kuota yang Diberikan, Indonesia Siap Memberangkatkan Jemaah

Redaktur 30 Mar 2021, 16:08:21 WIB Haji dan umrah
Dirjen Haji : Berapa Pun Kuota yang Diberikan, Indonesia Siap Memberangkatkan Jemaah

Jakarta (Bisnis Syariah) – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, H. Khoirizi H Dasir mengatakan, sebagaimana diketahui pemerintah tahun 2020 kemarin memutuskan tidak memberangkatkan jemaah. Tentu, keputusan yang diambil itu sudah diperhitungkan dengan masak-masak. 

“Apakah pertimbangan pengambilan keputusan itu dihitung dari aspek politik, tidak. Apakah karena mempertimbangkan aspek ekonomi, tidak juga. Lalu, apakah karena aspek sosial, juga tidak. Tapi, yang kita hitung tentu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan akurat serta masukan dari temen-temen di Kementerian Kesehatan,” ungkap Khoirizi H. Dasir saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Bincang AMPUH (Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umrah Haji) secara virtual, Selasa siang, (30/03/2021).

Lanjut dia, dalam proses pengambilan keputusan itu semata-mata mempertimbangkan keselamatan nyawa jemaah haji Indonesia. “Saya bersyukur kepada Dokter Eka (Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kemenkes) dan kawan-kawan dengan segala pertimbangannya, sehingga kita dapat mengambil keputusan yang tepat. Walaupun pada waktu itu pemerintah Kerajaan Saudi belum mengambil keputusan namun pemerintah Indonesia mengambil keputusan lebih awal mengingat proses penyiapannya tidak begitu gampang,” ujarnya.

Baca Lainnya :

Lantas, kata dia, bagaimana dengan penyelenggaraan haji tahun ini. “Kalau kita mengacu pada tahun lalu tentu ini menjadi pertimbangan juga buat kita. Tetapi perlu diketahui oleh kita bersama bahwa haji ini tidak saja diatur regulasinya oleh regulasi Kementerian Agama yang diatur oleh UU nomor 8 tahun 2019, karena di situ ada taklimatul hajj. Taklimatul Hajj ini adalah regulasi-regulasi yang diatur oleh pemerintah Kerajaan Saudi Arabia. Sehingga, perlu saya sampaikan di sini bahwa dari sisi Undang Undang nomor 8 tahun 20219 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Indonesia sudah siap memberangkatkan jemaah. Berapapun kuota yang diberikan pemerintah Saudi untuk Indonesia kita siap memberangkatkan jemaah,” terang pria yang dikenal sebagai putra guru mengaji ini lagi.

Dipandu oleh Sekjen AMPUH, H. Wawan Suhada acara Bincang AMPUH ini mengalir dengan suasana hangat dan penuh kekeluargaan. Tidak saja pejabat Kementerian Agama yang mengisi acara tersebut namun dari Kementerian Kesehatan pun ikut semangat memberikan edukasi terbaru tentang persiapan penyelenggaraan haji tahun ini. (rio)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook