FKAPHI : Saat Berbicara dengan Jemaah, Mohon Pahami Kejiwaannya dengan Baik

Mario Effendy 20 Mei 2020, 13:22:41 WIB Haji dan umrah
FKAPHI : Saat Berbicara dengan Jemaah, Mohon Pahami Kejiwaannya dengan Baik

Padang (FKAPHI) – Wakil Ketua Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (PW FKAPHI), Sumatera Barat, Wakidul Kohar menngingatkan kepada setiap patugas haji untuk hati-hati dalam berkomunikasi kepada jemaah pada saat memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah.

Sebab dalam sistem komunikasi sesuatu yang sudah dilontarkan ke jemaah. “Termasuk ke orang lain, itu gak mungkin bisa ditarik kembali walaupun sudah minta maaf. Maka hati-hati. Di dalam Islam ternyata lebih dari itu, disarankan jika nggak bisa ngomong baik-baik, maka nggak usah ngomong. Itu kan berarti kan perpaduan antara fitrah munazzalah yaitu Al-Qur’an dan hadis dengan fitrah majbulah yaitu dengan ilmu realitas,” tandasnya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Jagong Haji Ramadhan dengan tema : Psikologis Komunikasi Petugas Haji yang dihadiri pengurus wilayah provinsi, kepala bidang haji dan kepala seksi haji dari seluruh Indonesia, Selasa (19/05/2020). 

Baca Lainnya :

Sedangkan, jika ditinjau dari aspek psikologis komunikasi itu memahami kondisi kejiwaan komunikan. “Ada orang yang ngomong menyampaikan ucapannya kepada lawan bicaranya tapi karena tidak memahami jiwa komunikan, dia ngomongnya tidak teratur. Tapi kalau orang-orang yang memiliki psikologi komunikasi sebelum berbicara, dia akan berusaha memahami kejiwaan siapa orang yang ada dihadapannya. Yang dalam hal ini adalah jemaah,” pungkasnya kembali. (rio)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Lihat semua komentar

Tuliskan komentar