Islam Didirikan Atas 5 Perkara, Apa Saja Itu?

Mario Effendy 17 Jan 2021, 07:59:39 WIB Nasional
Islam Didirikan Atas 5 Perkara, Apa Saja Itu?

Jakarta (FKAPHI) – Anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (KPEU MUI), K. H. Imam Bayhaqi mengatakan, Islam didirikan atas lima perkara dan satu diantaranya adalah zakat dimana zakat ini itu punya hubungan khusus dengan sesama manusia.

“Kalau sholat itu hubungannya antara seseorang dengan Tuhannya. Dan Tuhan tidak peduli terhadap sholat kita. Mau sholat silahkan. Nggak mau sholat juga silahkan, tapi manusia perlu dan butuh tentang sholat. Kemudian syahadat. Di dalam syahadat ada persaksian. Dan Tuhan juga ketika mempersaksikan kita ya sudah, dan ketika kita mempersaksikan, persaksian kita itu bukan hanya persaksiaan mata semata, tapi persaksian batiniah kita dengan keimanan kita, bahwa Allah itu ada. Dan tidak ada yang berhak untuk disembah, kecuali Allah SWT. Dan Muhammad Saw sebagai pembawa risalahnya,” ujar pria yang jago bahasa Arab ini saat menjadi nara sumber dalam program rutin Bincang Ekonomi Umat KPEU MUI episode kedua dengan tema Zakat dan Ekonomi Umat, yang dihadiri pengurus KPEU MUI, tokoh masyarakat, pemuda, dan alumni petugas haji, Sabtu malam, (16/01/2021).

Baca Lainnya :

Dan ketiga, sambung dia, zakat. Zakat ini lebih banyak hubungannya antara manusia dengan manusia. Betul itu perintah Allah. Tapi prakteknya hubungan manusia dengan manusia. Hubungan degan Allah adalah ibadah tapi di sisi-sisi lainn ya hubungan manusia dengan manusia. Lain lagi dengan puasa. Kalau puasa itu hubungannya seseorang dengan Tuhannya. “Gak ada hubungan manusia dengan manusia. Dan Allah yang langsung memberikan pahalanya atas puasa itu. Dan haji lebih cenderung hubungan manusia dengan sosialnya,” tandasnya lagi. (rio)  




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook