Jagong Haji : Ada 2 Pendekatan Dalam Perilaku Beragama

Mario Effendy 21 Mei 2020, 14:45:44 WIB Haji dan Umrah
Jagong Haji : Ada 2 Pendekatan Dalam Perilaku Beragama

Gorontalo, Bisnis Syariah – Kepala Seksi Bina Umrah dan Haji Khusus, Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo, H. Mansur Basir menuturkan, perilaku agama itu adalah tindakan, sikap, atau apa saja yang bisa dilihat di dalam melihat orang-orang yang beragama itu dalam kehidupan sehari-hari.

“Atau yang nyata aktifitas keagamaannya. Jadi kesimpulan perilaku beragama itu adalah yang tampak sehari-hari. Ada dua pendekatan dalam perilaku beragama. Yang pertama teosentris. Yang kedua antroposentris,” pungkasnya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Jagong Haji Ramadhan dengan tema : Haji dan Dimensi Sosial yang dihadiri pengurus wilayah provinsi, kepala bidang haji dan kepala seksi haji dari seluruh Indonesia, Rabu, (20/05/2020).  

Teosentris itu adalah corak atau perilaku beragama seseorang yang melulu itu, mengedepankan kepentingan individualistiknya itu hanya kepada Tuhan. Artinya dia ini beragama betul-betul hanya dirinya sendiri dan kepada Tuhan. Lalu yang kedua antroposentris yaitu corak atau perilaku beragama yang bervisi kemanusiaan.

Baca Lainnya :

“Dari sini bisa kita lihat masyarakat kita cenderung lebih asyik pada pendekatan yang pertama. Individualistiknya lebih di kedepankan. Nah, oleh karena itu ada istilah bahwa apakah sebenarnya kita beragama ini untuk manusia atau manusia untuk agama, ini ada dalam ilmu filsafat seperti itu. Nah agama diadakan itu sesungguhnya untuk manusia,” tukasnya lagi. (rio)  




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Lihat semua komentar

Tuliskan komentar