Kemenag : Hanya yang Positif Covid-19 Mendapat Hasil Tes PCR Per Jamaah

Mario Effendy 20 Nov 2020, 22:55:24 WIB Haji dan Umrah
Kemenag : Hanya yang Positif Covid-19 Mendapat Hasil Tes PCR Per Jamaah

Tangerang, Bisnis Syariah – Ketua Aliansi Travel Moeslim Indonesia (ATMI), H. Wawan Suhada menyampaikan bahwasannya pertanyaan yang selalu menggelayuti di setiap perusahaan penyelenggara umrah yakni bagaimana mengcover jemaah, jika ada yang kena Covid-19. Sebab, biasanya pihak asuransi selalu mengejar dokumen yang dibutuhkan, berupa surat keterangan kena Covid-19. 

“Padahal, kondisi di Saudi itu, untuk meminta itu, dikabarkan sulit sekali. Paling hasilnya bisa difoto, sedangkan untuk mendapatkan berkas asli itu, sulit sekali. Kami paham bahwasa asuransi sangat membutuhkan dokumen asli itu.  Tapi, masalahnya di Saudi hal itu sulit sekali. Dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya,” imbuh Wawan dalam kegiatan webinar Bincang ATMI, Jumat siang, (20/11/2020). 

Menjawab kegundahan itu, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, H. M. Arfi Hatim menerangkan, bagi jemaah yang terpapar Covid-19, akan langsung mendapat surat keterangan hasil tes swab PCR oleh otoritas kesehatan Saudi per nama sesuai paspor.  

Baca Lainnya :

Sedangkan bagi yang negatif, maka hasilnya akan dimasukkan dalam file satu rombongan tertera dalam dokumen. “Hanya yang positif yang dapat suratnya per jemaah. Kalau yang negatif tidak dapat. Keterangan negatif tertulis dalam satu file per rombongan,” pungkasnya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan webinar Bincang ATMI berjudul : Umrah Masa Pandemi, Potensi dan Tantangannya, Jumat siang, (20/11/2020). (rio)  




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook