Kemenag : Soal Wakaf, Nazir Itu Wakil Tuhan

Mario Effendy 12 Sep 2020, 14:14:08 WIB ekonomi
Kemenag : Soal Wakaf, Nazir Itu Wakil Tuhan

Jakarta, Bisnis Syariah - Kepala Seksi Pemberdayaan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta, H. Muhammad Yunus Hasyim menjelaskan, setiap nazir yang diberi amanah oleh seseorang yang mewakafkan sebuah objek wakaf harus bertindak profesional. Sebab, fungsi nazir itu adalah Wakil Tuhan, yang mendapat amanah dari Hamba Tuhan Allah Swt untuk mengelola dan mengembangkan objek wakaf semata-mata supaya bermanfaat untuk umat.

“Termasuk juga bagi seseorang yang ingin mewakafkan sebuah objek baik berupa tanah, surat berharga, kendaraan, uang, dan lain-lain sebagainya harus memahami aturan yang terkupas dalam amanat UU nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf,” jelasnya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan webinar berjudul : Strategi Pengembangan Objek Wakaf yang dihadiri alumni petugas haji dan masyarakat luas, Jum’at malam, (11/09/2020).

Baca Lainnya :

Jadi, sambung dia, baik pewakif dalam hal ini seseorang yang mewakafkan objek wakafnya maupun nazir sebagai penerima amanah dari seseorang yang ingin mewakafkan objek wakafnya, sekarang ini sudah dipayungi oleh peraturan negara yakni Undang-undang. “Jadi, landasannya UU nomor 41 tahun 2004 dan kemudian peraturan turunan dari Undang-undang itu ada di Peraturan Pemerintah (PP) nomor 25 tahun 2018 tentang pelaksanaan UU nomor 41 tahun 2004 tentang Wakaf,” bebernya kembali. (rio)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Lihat semua komentar

Tuliskan komentar