Kemenag : Tanpa Dibayar, Sejak 2018 Alumni Petugas Bersedia Jadi Nara Sumber Pembinaan Haji

Mario Effendy 27 Sep 2020, 09:46:46 WIB Haji dan umrah
Kemenag : Tanpa Dibayar, Sejak 2018 Alumni Petugas Bersedia Jadi Nara Sumber Pembinaan Haji

Bengkulu Utara, Bisnis Syariah - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Heriansyah mengatakan, pemerintah sudah melaksanakan manasik haji secara mandiri, tanpa menggunakan uang negara. Hal ini dilakukan mengingat kemampuan negara untuk melakukan itu sangat terbatas.

“Kalau menunggu dari pemerintah, anggaran terbatas. Oleh sebab itu, pemerintah mendorong melakukan manasik haji secara mandiri dengan dikoordinatori langsung oleh ketua regu dan ketua rombongan. Termasuk juga melibatkan alumni petugas haji yang sudah memiliki sertifikat, untuk menjadi nara sumber tanpa dibayar,” jelasnya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan webinar tentang komunikasi informasi advokasi haji Bengkulu dihadapan ratusan peserta, Jumat siang, (25/09/2020). 

Baca Lainnya :

Dan, sambung dia, hal itu sudah dilakukan sejak 2018. “Kemudian terhenti 2019 dan tahun 2020 ini kembali dimulai,” pungkasnya kembali. Dalam kesempatan itu, ia kembali menyampaikan, supaya terjadi peningkatan layanan kepada jemaah, Kementerian Agama dan pemerintah daerah Bengkulu Utara berkolaborasi menganggarkan penyediaan konsumsi dan kesehatan pada waktu lima hari sebelum dan sesudah Armuzna (Arafah Muzdalifah Mina).  Bekerjasama dengan ekspatriat dan mukimin di sana untuk melayani kebutuhan konsumsi dan kesehatan jemaah sebelum dan sesudah Armuzna, efeknya sangat terasa sekali kepada jemaah. Sehingga, tahun 2019 yang lalu, jangankan jemaah jatuh sakit, yang kena batuk-batuk pun, tidak ada karena langsung dilakukan pendekatan pendampingan melekat oleh tenaga-tenaga ekspatriat dan mukimin yang ada di sana,” imbuhnya lagi. (rio) 




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Lihat semua komentar

Tuliskan komentar