Masih Realistiskah Memberangkatkan Jemaah Haji dengan Kapal Laut? Ini Jawabannya....

Mario Effendy 26 Jul 2020, 08:19:33 WIB Haji dan umrah
Masih Realistiskah Memberangkatkan Jemaah Haji dengan Kapal Laut? Ini Jawabannya....

Jakarta, Bisnis Syariah – Besarnya ketergantungan jemaah haji Indonesia pada pesawat udara dalam setiap pemberangkatan jemaah haji, membuat sebagian besar alumni petugas haji yang tergabung dalam Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) dan Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) mengusulkan tawaran menarik untuk dipertimbangkan oleh pemerintah.

Apa itu? “Berangkat haji dengan kapal laut. Masih realistiskah itu dilakukan saat ini. Apalagi di tengah wabah pandemi seperti ini,” ujar Tjahja Nurobi, kedokteran kelautan yang tergabung dalam Perdokhi saat menjadi nara sumber dalam kegiatan diskusi secara online tentang : Berhaji via Laut, Masih Realistiskah?, yang dihadiri puluhan pengurus FKAPHI dan Perdokhi di seluruh Indonesia, Sabtu, (26/07/2020).    

 

Baca Lainnya :

 

Dalam kesempatan itu, ia kembali menyampaikan untuk saat ini hal itu masih realistis dilakukan. Sebab, ada beberapa keuntungan dan kerugian jika jemaah haji menggunakan kapal laut dalam pemberangkatan haji nanti. “Keuntungan berhaji menggunakan kapal laut antara lain ongkosnya lebih murah dari pesawat. Bisa memuat orang lebih banyak, 2 ribu sampai tiga ribu orang bahkan bisa 10 ribu orang, dengan kapal pesiar yang lebih mewah dan lebih cepat,” tukasnya.

Lalu, sambung dia, bagus digunakan kepada jemaah yang takut terbang atau ketinggian. Dan, bisa sambil manasik dan rekreasi. Sedangkan, kerugiannya menggunakan kapal laut dalam pemberangkatan haji ialah waktu tempuh yang lama 8 sampai 10 hari. Lalu, relatif membosankan. Mengalami mabuk laut karena gelombang besar. Dan resiko penularan penyakit infeksi tinggi.

Tapi, jika dilakukan dengan modifikasi protokol pencegahan yang ketat maka resiko itu bisa dikurangi dibawah pesawat. (rio)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Lihat semua komentar

Tuliskan komentar