MUI : Selama Pandemi 6,5 Juta Orang Kehilangan Pekerjaan

Mario Effendy 09 Jan 2021, 23:46:56 WIB Nasional
MUI : Selama Pandemi 6,5 Juta Orang Kehilangan Pekerjaan

Jakarta (Bisnis Syariah) – Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (KPEU MUI Pusat), KH. Nuruzzaman mengatakan, diskusi ekonomi kali ini bisa menjadi lompatan besar jika dapat menata ekonomi yang mampu berdampak langsung kepada umat.

“Saat ini kita sedang menghadapi tekanan pandemi yang luar biasa. Banyak terjadi berbagai tekanan hingga berujung kepada tekanan ekonomi yang bisa berdampak pada depresi. Apalagi tekanan ini sudah memicu resesi. Tentunya, ini akan menjadi tanggung kita bersama jika tekanan ini terus terjadi, dan menusuk hingga ke jantung ekonomi. Ketika kemudian ada sebagian dari rakyat kita yang memiliki deposit, tidak mengalami suatu kegoncangan, kecuali goncangan kelelahan. Kelelahan jiwa dan kelelahan tekanan atas pandemi ini tapi terhadap masyarakat akar rumput ini tekanannya luar biasa. Maka, empati ini harus kita berikan kepada masyarakat akar rumput tersebut. Oleh sebab itu, pertemuan diskusi hari ini sangat kami apresiasi,” pungkas Nuruzzaman saat menjadi nara sumber dalam kegiatan webinar Bincang Ekonomi Umat berjudul : Pentingkah BUMN Syariah, Sabtu malam, (09/01/2021).

Sebab, lanjut dia, jika masyarakat ini sudah tertekan secara ekonomi maka 1,6 juta orang kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Dan bertambah terus. Terakhir, 6,5 juta orang kena PHK. “Terkena Kehilangan pekerjaan. Ini harus kita pikirkan. Karena bagaimanan pun jua, negara ini bisa ada karena keberadaan ownernya yaitu rakyat. Maka, kondisi 9 bulan yang tertekan ini memerlukan kehadiran negara. Sebab, rakyat saat ini sedang berusaha bertahan hidup. Di sinilah negara perlu hadir, bersama-sama dengan kita semua. Semoga pandemi ini segera berakhir,” ujarnya lagi. (rio)    

Baca Lainnya :

 




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook