Protes Kartun Nabi, Warga Bangladesh Turun ke Jalan

Mario Effendy 03 Nov 2020, 15:12:37 WIB Internasional
Protes Kartun Nabi, Warga Bangladesh Turun ke Jalan

Jakarta, Bisnis Syariah - Aksi protes di depan Kedutaan Besar Prancis di Bangladesh kembali dilakukan secara besar-besaran. Dari berbagai informasi yang dihimpun menyebutkan kelompok Islam terbesar di Bangladesh mendesak pemerintah untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Prancis.  

Dalam unjuk rasa yang dilakukan puluhan ribu Muslim di seluruh Bangladesh itu, pengunjuk rasa memberikan waktu 1X24 jam bagi pemerintah untuk merealisasikan tuntutan mereka.  Aksi itu terjadi akibat tindakan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menyudutkan Islam dan mendukung tersebarnya karikatur Nabi Muhammad.

 Bangladesh sendiri merupakan negara Muslim terbesar ketiga di dunia dengan lebih dari 160 juta orang. Protes serupa juga terjadi di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya seperti Indonesia, yang terjadi setelah serangan pisau di luar sekolah Prancis bulan lalu, ketika seorang pria asal Chechnya memenggal kepala seorang guru yang telah menunjukkan kartun tersebut kepada murid-muridnya dalam pelajaran tentang kebebasan berbicara. (rpa/net)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook