Status Gunung Merapi Berbahaya, 24 Tempat Wisata di Magelang Tutup

Mario Effendy 11 Nov 2020, 12:13:34 WIB Wisata
Status Gunung Merapi Berbahaya, 24 Tempat Wisata di Magelang Tutup

Magelang, Bisnis Syariah - Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Ita Kusmawati menjelaskan, ada 24 tempat wisata di Magelang, Jawa Tengah yang berada di sekitar Gunung Merapi akan ditutup sementara hingga sampai waktu yang belum ditentukan.  

Himbauan ini dilakukan menyusul status gunung menyusul meningkatnya status Gunung Merapi menjadi status siaga. “Iya tutup karena memang Gunung Merapi sudah status Siaga, Level III,” katanya Selasa (10/11/2020), kemarin. Adapun, sambung dia, penutupan sementara didasari oleh surat imbauan yang menindaklanjuti Surat Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Nomor 338/287.1 tanggal 6 November 2020.

Surat tersebut berdasarkan surat dari Kepala Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Nomor 523/45/BGV.KG./2020 tanggal 5 November 2020 tentang Perningkatan Status Aktivitas Gunung Merapi dari Waspada (Level II) ke Siaga (Level III). “Para pengelola usaha pariwisata di Kawasan Rawan di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi wajib menghentikan sementara seluruh kegiatan wisata termasuk jalur pendakian ke puncak Gunung Merapi,” katanya. (kms/net)

Baca Lainnya :






Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook