Supaya Menjadi Stimulus Ekonomi, KADIN Minta Penyerapan Belanja Pemerintah Melibatkan Pengusaha

Mario Effendy 22 Des 2019, 13:21:36 WIB ekonomi
Supaya Menjadi Stimulus Ekonomi, KADIN Minta Penyerapan Belanja Pemerintah Melibatkan Pengusaha

Jakarta, Bisnis Syariah - Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi berharap pemerintahan Jakarta yang dipimpin Anies Baswedan, bisa secara maksimal menyerap anggaran, khususnya belanja yang melibatkan pengusaha agar menjadi stimulus ekonomi di 2020. “Hal ini penting untuk menumbuhkan ekonomi DKI Jakarta di tahun depan,” ujarnya saat menghadiri diskusi Refleksi Ekonomi Tahun 2019 dan Outlook Ekonomi Jakarta Tahun 2020 yang digelar Kadin DKI Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Selain itu, sambung dia, kerja sama dengan BUMD menjadi kunci pertumbuhan usaha di DKI khususnya UMKM. Apalagi, Perda No. 2 Tahun 2018  menyebutkan pusat belanja untuk memberikan 20 persen ruang usaha kepada UMKM. "Cuma sebaiknya produk UMKM tidak dicampur dengan produk makanan minuman perusahaan besar. Begitu juga dengan proses pembayaran yang sebaiknya tidak samaratakan dengan usaha besar," tuturnya lagi.  

Baca Lainnya :

Sementara itu, Diana Dewi yang juga CEO PT Suri Nusantara Jaya menyatakan secara umum Pemprov DKI telah memberikan kemudahan terhadap pengusaha mikro dan kecil. Ia menyontohkan seperti kemudahan pengurusan izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). "Cuma kemudahan ini perlu disosialisasikan kepada banyak pihak khususnya pengusaha mikro, sehingga semakin banya yang memanfaatkan kebijakan yang bagus ini," imbuhnya. (rio/net)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Lihat semua komentar

Tuliskan komentar