Umrah New Normal : Bebas Sholat di Masjidil Haram, Tapi Tak Bisa Tawaf Wada

Mario Effendy 28 Nov 2020, 12:01:35 WIB Haji dan umrah
Umrah New Normal : Bebas Sholat di Masjidil Haram, Tapi Tak Bisa Tawaf Wada

Mekkah (Bisnis Syariah) – Setelah lima hari berada di Mekkah, rombongan jemaah umrah 22 November mulai mempersiapkan diri berangkat menuju Kota Suci Madinah. Berbagai persiapan tentu dilakukan agar tidak terpapar Covid-19. Menurut Ketua Umum Aliansi Travel Moeslim Indonesia (ATMI), H. Wawan Suhada selama berada di Mekkah, jemaah bebas melaksanakan ibadah sholat di Masjdil Haram.  

“Hanya yang tak bisa dilakukan adalah melaksanakan tawaf wada yang biasanya selalu dilakukan oleh jemaah umrah sesaat sebelum meninggalkan Kota Suci Mekkah. Khusus di masa umrah new normal ini hal itu tidak bisa dilakukan,” terangnya sesaat sebelum masuk ke dalam bus menuju Kota Suci Madinah Al Munawwarah, Jum’at sore, (27/11/2020). 

Dalam kesempatan itu, ia juga menyempatkan diri bersama rombongan jemaah lainnya bisa merasakanan nikmatnya bisa melaksanakan ibadah sholat Jumat di Masjdil Haram. Sebab, hanya, orang-orang pilihan Allah Swt yang bisa melaksanakan sholat Jumat di Masjidil Haram sejak menyebarnya wabah virus mematikan Covid-19 di seluruh negara-negara di dunia, Februari kemarin.  

Baca Lainnya :

Termasuk seluruh umat Islam di Indonesia pun rindu ingin sekali bisa melaksanakan sholat Jumat di Masjidil Haram. Namun apa daya, Allah Swt belum berkehendak. Wabah ini belum berlalu. Hanya Allah yang Maha Tahu, tujuan dan hikmah dibalik semua ini bagi seluruh manusia dan mahluk hidup yang menempati bumi ini, kenapa wabah ini belum berlalu. “Semoga wabah ini cepat berlalu. Aamiin,” pungkasnya lagi. (rio)  




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook