Kemenag : Potensi Zakat Nasional 230 Trilyun Rupiah

Redaktur 08 Apr 2021, 08:55:33 WIB Nasional
Kemenag : Potensi Zakat Nasional 230 Trilyun Rupiah

Jakarta (Bisnis Syariah) - Kementerian Agama mendorong penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kewajiban ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN/BUMD untuk Menunaikan Zakat Penghasilan dan Jasa.

“Pada prinsipnya kami di Kementerian Agama, pasti bersama-sama BAZNAS mendorong Perpres Zakat ASN ini segera diwujudkan. Kita sedang menyelesaikan draf perpresnya, tapi tentu butuh waktu, terutama penyesuaian pasal per pasalnya, maupun hal-hal substantif yang harus diselesaikan,”  ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2021, di Jakarta, Senin (5/4/2021) malam.

Seperti diinformasikan, permohonan agar Presiden RI menerbitkan perpres tersebut, menjadi Resolusi (Eksternal) Nomor 1 Rakornas Zakat 2021. Berikut bunyi resolusi dimaksud, "Dalam rangka menciptakan sikap saling tolong-menolong, kegotongroyongan, terutama dalam rangka pengentasan kemiskinan, maka dimohon kepada Presiden RI untuk mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kewajiban ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN/BUMD untuk Menunaikan Zakat Penghasilan dan Jasa".

Baca Lainnya :

Menteri Agama mengatakan, untuk menggali potensi zakat nasional sebesar Rp 230 triliun setahun, dibutuhkan kerja keras dan sinergi yang kuat. Hingga kini baru terhimpun sekitar Rp 10 triliun pada tahun 2020. Oleh sebab itu, diperlukan langkah terobosan pengumpulan zakat, melalui perangkat yang memungkinkan. (trj/rls)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook