Menteri Yaqut : Jangan Sampai ASN Bayar Zakat karena Ada Peraturan

Redaktur 09 Apr 2021, 00:12:56 WIB Nasional
Menteri Yaqut : Jangan Sampai ASN Bayar Zakat karena Ada Peraturan

Jakarta (Bisnis Syariah) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, perlu upaya maksimal membangun kesadaran umat Islam yang sudah memiliki kemampuan untuk berzakat. “Pekerjaaan rumah kita itu tidak mudah, terutama dalam hal bagaimana membangun kesadaran umat Islam yang sudah memiliki kemampuan untuk berzakat dan mau melepas hartanya untuk membayar zakat,” ujar dia saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2021, di Jakarta, Senin (05/04/2021) malam.

Menurut dia, ada beberapa problem subtansi yang harus diperbaiki terlebih dahulu. Pertama, bahwa jangan sampai ikhtiar Kemenag dan BAZNAS untuk mendorong ASN untuk taat dalam membayar zakat jatuh dalam formalisme beragama.

Baca Lainnya :

“Jangan sampai ASN ini membayar zakat karena ada peraturan, bukan karena kesadaran. Nah kalau membayar zakat karena perpres, mungkin turunannya peraturan menteri, itu kekhwatiran kita. Itu formalisme saja, setelah pensiun sudah tidak mau bayar zakat lagi. Formalisme seperti ini harus kita hindari. Kuncinya apa, kuncinya adalah edukasi. Bagaimana memberikan edukasi ini sebaik-baiknya,” tutur dia. (trj/rls)




Tuliskan komentar facebook

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook